Senin, 30 April 2012

Kayu Manis untuk Diabetes

Bagaimana cara memanfaatkan Kayu manis untuk diabetes? Pertanyaan ini mungkin sering ditanyakan bagi para penderita diabetes yang telah mengetahui sedikit banyak tentang manfaat kayu manis. Namun perlu di ketahui bahwa penelitian tentang kayu manis yang sudah dilakukan oleh beberapa ahli menyimpulkan bahwa manfaat kayu manis hanya bisa didapat bagi mereka yang mengidap diabetes tipe 2. Dan belum ada bukti yang bisa dijadikan rujukan bagi pemanfaatan untuk diabetes tipe lainnya.


Penelitian Tentang Kayu Manis untuk Diabetes


Cara memanfaatkan kayu manis untuk diabetes tipe 2  telah di buktikan hasilnya dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2003 di Pakistan terhadap 60 orang penderita diabetes tipe 2. Mereka dibagi menjadi beberapa kelompok dengan masing-masing orang meminum kayu manis dalam bentuk kapsul 1, 3 dan 6 gram selama 40 hari 3 kali sehari sesudah makan.

Dan hasilnya adalah terjadi perubahan signifikan terhadap kadar gula darah mereka sesuai besar kayu manis yang mereka konsumsi dengan penurunan kadar gula darah sebesar 18% sampai 29%. Tidak hanya itu saja, trigliserida dan kadar kolesterol LDL pun ikut turun dengan meminum kayu manis. Namun demikian setelah 20 hari mereka berhenti meminum kapsul tersebut, terjadi peningkatan kadar gula darah terutama bagi mereka yang diberi bagian terkecil 1 gram kayu manis. Dengan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan kayu manis bisa bermanfaat untuk diabetes anda, meskipun  hanya sedikit penggunaaan (1 gram).

Penelitian ini belum bisa memberikan kesimpulan jangka panjang tentang pemanfaatan kayu manis untuk diabetes karena hanya dilakukan selama 40 hari saja,. Namun demikian karena bukti dari penelitian tersebut, Tentu kenapa tidak mulai sekarang kita memanfaatkan kayu manis untuk diabetes. Tentu manfaat kayu manis bisa kita peroleh dengan penggunaan yang benar. Meskipun relatif aman untuk kita, penggunaan kayu manis yang berlebihan juga bisa mengakibatkan gangguan luka di mulut atau sariawan.

1 gram bubuk kayu manis dalam penelitian diatas sudah berdampak pada peningkatan kualitas hidup anda, jadi kenapa harus ragu untuk memulai mengonsumsi kayu manis. Dan takaran yang bagus bisa anda konsultasikan kepada dokter  anda. Perlu di ketahui bahwa dari penelitian Kayu Manis untuk Diabetes diatas menggunakan ukuran 1 gram kayu manis adalah sekitar seperlima sendok teh, 3 gram kayu manis adalah sekitar setengah sendok teh dan 6 gram kayu manis adalah sekitar 1 sendok teh.

Cara memanfaatkan kayu manis untuk diabetes tidak hanya dibuat bubuk kapsul saja. Aroma dan rasanya yang tidak seperti kebanyakan obat yang pahit, malah cenderung  membuat hati kita senang bila kita menghirup aromanya. Oleh karenanya pemanfaatannya bisa anda campurkan pula kayu manis dengan minuman kesukaan anda sebanyak  ¼ atau ½ sendok teh. Anda bisa menambahkan kedalam teh anda, kopi anda dan susu kalau anda suka susu.

Dan jangan lupa konsultasikan dengan dokter apabila terdapat efek samping dari penggunaan kayu manis untuk diabetes. Namun efek samping yang terjadi tidak sebesar manfaat yang dipunyai kayu manis tentunya (Sariawan).

Semoga bermanfaat.

OrSour : wartabumi*com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar